Akibat Dari Penggunaan Sepatu Yang Sempit

Kenali Akibat Dari Penggunaan Sepatu Yang Sempit

penyakit bunion Akibat Dari Penggunaan Sepatu Yang Sempit – Penggunaan sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan radang pada sendi ibu jari kaki dan timbulnya pembengkakan yang disebut Bunion. Pembengkakan pada jaringan ibu jari kaki menjadi lebih lunak dan mengakibatkan nyeri yang luar biasa. Biasanya penyakit bunion ini menyerang ibu jari kaki ke duanya dan terbentuk karena tekanan dari berat badan yang tidak merata pada sendi kaki yang tekanan tersebut membuat ibu jari kaki menjadi tidak stabil dan sendi kaki tersebut berubah bentuk.

Dari segi fisik, penyakit ini terlihat jelas pada sisi sendi tulang kaki yang mengalami benjolan. Benjolan tersebut berkembang terus sehingga persendian ibu jari kaki menjadi melebar dan berbelok ke arah jari telunjuk. Secara teori bunion membuat perubahan dalam kerangka tulang dan integritas persendian dari sendi ibu jari kaki. Maka dari itu ibu jari kaki menjadi tidak normal dan menyimpang ke jari yang lain yang lebih rendah dan bergerak ke arah pusat tubuh. Apabila lama kelamaan penyakit ini tidak ditangani, maka benjolan yang ada pada ibu jari kaki tersebut akan menjadi merah dan melepuh sehingga menimbulkan kantong berisi cairanĀ  dan akhirnya bisa terjadi peradangan atau bursitis. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut anda bisa mengonsumsi obat nyeri sendi, bertujuan untuk mengantisipasi.

penyakit bunion

Akibat dari penyakit bunion ini, seseorang akan sulit untuk menemukan ukuran sepatu yang pas dari biasanya, karena penyakit ini dapat membuat penderitanya mengalami pelebaran pada kaki bahkan lama kelamaan sendi ibu jari kaki akan terasa kaku dan bengkak dan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kesulitan untuk berjalan karena sakti yang ditimbulkan oleh penyakit bunion tersebut.

Bunion memang paling banyak disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Namun dalam hal ini bukan penyakit nya yang diturunkan, akan tetapi kelainan mekanis kaki lah yang menjadi penyebab faktor genetik ini. Sehingga beberapa orang yang mempunyai tipe kaki tertentu sangat rentan terhadap perubahan pada bentuk sendi ibu jari mereka atau bunion.

Ada beberapa faktor penyebab kelainan penyakit bunion ini, diantaranya :

  • Faktor genetik
  • Bentuk sepatu yang dipakai ( biasanya sepatu yang terlalu sempit, berbentuk lancip dan sepatu berhak tinggi)
  • Faktor genetik atau keturunan. dimana terdapat struktur kaki yang tidak normal yang diturunkan
  • Radang sendi (artritis). Akibat dari radang sendi dapat mengubah seseorang memusatkan tekanan tubuhnya sehingga cara berjalan seseorang menjadi berubah dan beresiko terkena serangan bunion.
  • Disfungsi neuromuskuler
  • Hipermobilitas/ kelemahan ligamen

Penanganan Bunion

Biasanya untuk menangani penyakit ini dibedakan menjadi beberapa pengobatan yaitu tergantung dai tingkat bunion itu sendiri.

  • Untuk Penanganan awal bisa dilakukan dengan mengganti sepatu dengan yang nyaman dan pas dalam artian yang memberikan cukup ruang untuk jari kaki ( tidak sempit )
  • Menggunakan bantalan pada kaki sehingga dapat mengurangi tekanan pada bunion tersebut.
  • Apabila penyakit bunion ini sudah termasuk ke tahap serius maka harus dilakukan pembedahan seperti membuang sebagian tulang untuk meluruskan biu jari dan menghilangkan jaringan yang membengkan di sekitar sendi ibu jari.

Pencegahan Bunion

Jadi dari beberapa penjelasan diatas maka penyakit bunion dapat dicegah dengan cara seperti berikut :

  • Menggunakan sepatu yang pas karena sepatu yang sempit dapat membuat iritasi pada kaki.
  • Menggunakan sepatu yang ruang ujung jarinya luas
  • Pilihlah sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki, sehingga tekanan pada kaki berjalan sebagaimana mestinya.

 

Artikel Lainnya : Cara Mengobati Penyakit Encok Dengan Cara Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *