Apakah Membunyikan Sendi Itu Berbahaya?

Pernahkah anda membunyikan tulang sendi? Seperti dengan memutar leher atau membunyikan sendi jari tangan, punggung, jari kaki ?

membunyikan sendi leher

Pernahkah terlintas dalam pikiran kita apakah membunyikan sendi itu berbahaya? Memang ketiak tubuh terasa kakuĀ  kita sering membunyikan daerah persendian baik itu buku jari tangan, leher dan tulang belakang supaya lebih rileks.

Apakah Membunyikan Sendi Itu Berbahaya?

Sebenarnya menurut dokter boleh boleh saja membunyikan sendi dengan catatan tidak boleh sering melakukannya. Ketika seseorang sering membunyikan sendinya seperti buku jari tangan maka hal tersebut dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya karena dapat menyebabkan keausan pada sendi tersebut. Apabila dilakukan secara terus menerus maka akan mengakibatkan penyakit osteoarthritis atau radang pada sendi.

Selain itu kebiasaan memutar kepala juga mempunyai dampak yang berbahaya seperti mengakibatkan syaraf terjepit pada sela sela tulang ekor leher. Hal tersebut berakibat fatal karena akan mempengaruhi fungsi dari otak. Biasanya apabila syaraf nya sudah terjepit maka otak akan sulit melakukan komando kepada organ tubuh lainnya. Sebagai contoh orang yang terkena syaraf terjepit ini biasanya berjalan seperti robot karena otak gagal memberikan komando kepada organ tubuh untuk melakukan hal yang diinginkan.

Lalu darimanakah asal bunyi ketika membunyikan sendi tersebut?
Bunyi tersebut berasal dari tekanan negatif penarikan gas nitrogan ke dalam sendi. Suara retakan yang terdengan menghentak pada jaringan yang dilaluinya. Jika menimbulkan rasa sakit maka hal tersebut karena terjadi perubahan pada struktur sendi.

Secara detailnya yaitu ketika seseorang menarik jari sendinya maka hal tersebut dapat membuat ruangan lebih besar antara tulang. Akibatnya tekanan dalam ruang sendi semakin turun dan ikatan sendi akan masuk kedalam. Ketika tekanan menurun maka akan muncul gelembung dan menimbulkan suara atau bunyi.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka meneliti orang yang membunyikan sendinya selama 35 tahun. Dan hasilnya mereka tidak mengidap penyakit nyeri sendi. Namun, efek lainnya adalah mereka memiliki sendi yang membesar, tangan mereka menjadi lebih lemah, berkurang seperempat dari kekuatan tangan yang seharusanya.

Jadi efek dari membunyikan daerah persendian tersebut akan dirasakan pada sekitar 30 sampai dengan 40 tahun mendatang.

Artikel Lainnya : Penyakit Kulit Psioriatik Arthritis Menyerang Sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *