Nyeri Sendi Lutut Pada Anak Anak

anak nyeri sendi lutut

Nyeri Sendi Lutut Pada Anak Anak – Nyeri sendi lutut tidak hanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia saja, tapi anak anak juga bisa terkena penyakit nyeri sendi ini. Memang hal tersebut merupakan wajar, namun apabila nyeri sendi lutut tersebut berangsur lama maka patut untuk diwaspadai karena dapat mengakibatkan penyakit yang serius dan rasa sakit yang luar biasa. Penyakit nyeri sendi tersebut biasanya disebabkan karena terlalu sering menggunakan sendi nya seperti pada anak yang suka olahraga, apabila olahraganya dilakukan dengan berlebihan maka akan menyebabkan cedera yang serius pada daerah sendi terutama sendi lutut.

Kenapa sendi lutut rentan terhadap cedera? karena lutut merupakan organ yang sering digunakan. Lutut juga terdiri dari tulang, tulang rawan dan ligamen. Apabila lutut mengalami cedera biasanya akan berwarna merah dan terjadi pembengkakan sehingga harus segera dirujuk ke dokter. Sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter, berikut ada tips pertolongan pertama pada anak yang terkena nyeri sendi :

  • Memeriksa suhu badan anak. Apabila anak demam dan suhu demamnya mencapai 40C ditambah nyeri di bagian sendi nya maka hal tersebut harus segera diperiksakan ke dokter.
  • Periksa sendi si anak yang sakit, tanya apakan nyeri sendinya tersebut sakit apabila disentuh, karena bisa saja daerah yang sakitnya bukan tepat pada bagian sendi tetapi sakit yang menjalar seperti terkena cedera pada otot betis atau paha.
  • Apabila si anak terlihat jalannya tidak normal maka periksalah sendi nya, kalau ada pembengkakan pada sendi yang menekan di sekitar sendi tersebut maka patut diwaspadai.
  • Pijatlah sendi anak dengan lembut, karena kadang kadang cara ini sangat ampuh untuk meredakan nyeri di bagian sendi.
  • Bisa dengan mengkompres menggunakan air hangat sehingga dapat membanttu menggerakan sendi tapi apabila sendi tersebut terasa panas dan bengkak, maka kompreslah dengan es batu dan letakan pada sendi tersebut.
  • Istirahatkan yang cukup dan berikanlah asupan makanan yang kaya akan protein tinggi.
  • Demikianlah tips pertolongan pertama untuk meredakan nyeri sendi pada anak, namun selain tips diatas anda juga harus berkonsultasikan ke dokter supaya anak anda bisa sembuh dari penyakit sendi nya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Lainnya : Radang Sendi Tulang Belakang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *