Nyeri Sendi Pada Penyakit Lupus

Nyeri Sendi Pada Penyakit Lupus – Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun dalam artian sistem kekebalan tubuh atau imun tersebut membetnuk antibodi. Seperti yang kita ketahui bahwa antibodi seharusnya berfungsi untuk pertahanan tubuh agar terhindar dari bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Namun untuk penderita lupus justru malah sebaliknya, antibodi tersebut malah menyerang tubuh sendiri. Apabila antibodi menyerang tubuh maka akan menyebabkan berbagai penyakit lain seperti penyakit jantung, paru paru, ginjal bahkan penyakit sendi. Penyakit lupus seringkali disertai dengan lemahnya badan dan demam, lalu penyakit ini kebanyakan diderita oleh wanita pada masa subur.

Hal yang menyebabkan lupus sampai sekarang masih belum ditemukan penyebabnya. Akan tetapi ada beberapa faktor orang yang beresiko terkena penyakit ini seperti dari faktor keturunan atau genetik. Faktor lain yang menyebabkan lupus yaitu terlalu banyak mengkonsumsi obat obat.

Berikut gejala yang ditimbulkan oleh penyakit lupus

  • Sakit pada sendi. Nyeri sendi ini biasanya terjadi pada kedua sisi kiri atau kakan sendi tanpa merusak sendi, bahkan bisa sampai ke sendi lutut, dan jari tangan juga menyerang bagian otot sehingga badan menjadi lemah lesu.
  • Perubahan pada kulit dan rambut. Secara umum penderita lupus terlihat pada wajahnya yang berubah berwarna kemerahan. Selain itu penderita ini terlihat ada perubahan pada kulitnya karena terdapat lesi diskoid dan rambut penderita menjadi rontok.
  • Kerusakan Ginjal. Ini memang sangat umum karena penderita lupus biasanya disertai dengan gejala atau terjadinya kerusakan pada ginjal sehingga apabila ginjal tersebut sudah parah maka harus diobati dengan pengobatan imunosupresif.
  • Rusaknya jantung dan Pembuluh darah. Penderita lupus mengakibatkan rusaknya pada daerah jantung yakni adanya cairan pada selaput jantung, vegetasi pad akatup jantung dan pengkapuran pembuluh darah sehingga menyebabkan sakit pada ujung jari dan perubahan warna putih kebiruan apabila terkena udara yang dingin.
  • Menyerang Paru Paru. Penderita lupus biasanya terkena serangan pada organ paru paru dimana paru paru tersebut berfungsi untuk pernafasan, apabila paru paru  terganggu maka akan mengakibatkan sesak nafas. Tidak hanya itu penyakit lupus juga menyebabkan adanya cairan pada selaput paru paru yang mengakibatkan infeksi pada paru paru atau biasa disebut paru paru basah.
  • Penyakit lupus adalah penyakit yang dijuluki dengan penyakit seribu wajah karena dapat meniru penyakit lainnya sehingga para pakar kesehatan akan kesulitan mendiagnosis penyakit tersebut dan hampir 90% penyakit lupus menyerang daerah sendi.

 

Baca Juga : Kenali Akibat Dari Penggunaan Sepatu Yang Sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *