Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang – Nyeri pinggang adalah salah satu masalah yang sering diderita oleh semua orang, terutama bagi para orang tua. Dari data survei yang telah dilakukan hampir 60% orang pernah mengalami masalah sakit pinggang ini dan sakit pinggang sebelah kiri merupakan gangguan yang paling sering diderita dibandingkan dengan sakit pinggang sebelah kanan.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Masalah nyeri pinggang sebeleh kiri bagian belakang menjadi hal yang perlu di waspadai sebab masalah kesehatan tersebut dapat memicu terhadap sakit pinggul dan kaki. Berbagai penyebab yang dapat mengakibatkan masalah sakit pinggang sebelah kiri ini. Maka dari itu simak ketahui penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang dibawah ini :

10 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Ada 10 faktor penyebab yang dapat menjadi pemicu terjadinya sakit pinggang sebelah kiri, yaitu :

1. Faktor usia

Faktor usia memang memiliki peranan penting terhadap seseorang mengalami sakit pinggang sebelah kiri, dengan bertambahnya usia maka secara otomatis kepadatan tulang mulai keropos dan masa otot sudah mulai menurun. Hal ini menyebabkan persendian mulai mengalami masalah seperti rentan mengalami sakit pinggang sehingga menimbulkan rasa sakit di bagian pinggang sebelah kiri.

2. Otot Tegang dan robek

Bagi yang memiliki aktivitas yang padat dan berlebihan dengan intensitas gerakan yang monoton tanpa dibarengi dengan peregangan otot akan berisiko terjadinya sakit pinggang. Apabila seseorang melakukan gerakan punggung secara tiba-tiba, maka kondisi ini akan mengakibatkan ligamen dan otot tertarik yang bisa menyebabkan tegang bahkan mengalami robek. Gejala yang sering terjadi ketika otot tegang yaitu rasa sakit dan kaku pada pinggang. Kondisi ini bisa diredakan dengan melakukan terapi fisik dibarengi dengan istirahat yang cukup.

3. Stenosis tulang belakang

Kondisi lain yang dapat mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan yaitu kanal tulang belakang yang sudah mulai menyempit dan mengganggu pada sumsum tulang belakang. Kondisi ini sering terjadi pada para orang tua dan merupakan gejala dari arthritis, pembentukan taji tulang dan herniasi. Gejala yang sering terjadi pada stenosis tulang belakang yaitu sakit punggung, mati rasa, melemah bahkan hilang kekuatan.

Baca juga : Obat Herbal Nyeri Sendi

4. Masalah pada bantalan tulang

Masalah yang terjadi pada bantalan tulang ini dipengaruhi oleh bantalan karet antara tulang yang membentuk tulang belakang. Masalah yang sering terjadi pada bantalan tulang ini dapat menyebabkan iritasi pada semua saraf disekitar sehingga menimbulkan gejala mati rasa dan rasa sakit bagian belakang.

5. Iritasi saraf

Pada saat tulang belakang mengalami tekanan maka akan memicu terjadinya iritasi saraf. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit ringan serta sensasi panas dan tidak nyaman secara berlebihan pada pinggang. Rasa sakit akan semakin parah ketika sedang mengejan, batuk, bersin, memutarkan badan, dan duduk dalam waktu yang lama.

6. Pinggang cedera

Penyebab lain yang sering terjadi nyeri pinggang sebelah kiri yaitu akibat cedera. Kondisi ini dapat mempengaruhi otot bagian belakang, tendon, ligamen sehingga menyebabkan trauma tubuh. Faktor yang dapat menyebabkan pinggang mengalami cedera yaitu penggunaan tubuh yang berlebihan dan penempatan yang tidak tepat ketika beraktivitas.

7. Divertikulitis

Divertikulitis merupakan salah satu penyakit pencernaan yang berkaitan dengan pembentukan kantong (divertikula) dalam dinding usus. Hal ini terjadi ketika bakteri yang terjebak dalam kantong tersebut mulai menginfeksi. Infeksi ini mengakibatkan terjadinya radang usus besar, yang menyebabkan rasa sakit di bagian perut bawah sebelah kiri yang memungkinkan juga dirasakan dibagian belakang. Divertikulitis ini juga termasuk dalam salah satu penyebab umum sakit perut dan sakit pinggang sebelah kiri.

8. Patah tulang (cedera lumbar)

Patah tulang bisa menjadi penyebab munculnya nyeri pinggang sebelah kiri. Fraktur yang mempengaruhi tulang belakang lumbar dan scrum tulang sangat umum pada mereka dengan osteoporosis. Cedera lumbal dapat menyebabkan munculnya nyeri terlokalisasi, memancarkan sakit di sekitar daerah pinggang dan rasa sakit yang memperburuk dengan gerakan tubuh.

9. Batu ginjal

Terbentuknya batu ginjal akan menyebabkan ureter yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih mengalami masalah dan terjadinya penyumbatan. Jika aliran urin tidak dapat berjalan sebagaimana fungsinya, maka urin dapat membuat cadangan ke dalam ginjal yang mengakibatkan sakit punggung dan ginjal bengkak.

10. Ginjal Capek

Tingginya tingkat aktifitas kehidupan yang semakin padat membuat banyak orang mengalami gejala sakit pinggang sehingga tidak bisa tidur akibat ketidaknyamanan. Hal ini bukan sepenuhnya dikarenakan oleh penyakit, namun bisa disebabkan oleh ginjal yang capek. Baca ⇒ Supelemen Penguat Ginjal

Untuk dapat mengatasi sekaligus menyembuhkan gangguan sakit tulang belakang kiri maupun kanan, kami merekomendasikan salah satu produk herbal yang sudah terbukti ampuh dan memiliki khasiat yang baik dalam membantu meredekan serta mengobati gejala sakit pinggang secara ALAMI, AMAN, dan AMPUH tanpa efek samping yang sudah tersebar luas di 20 Negara dan diakui oleh para ahli dengan berbagai sertifikat dan penghargaan. Untuk informasi lengkapnya silahkan baca di ⇒ Obat Sakit Pinggang


Berikut Real Testimoni Triflex Capsule Green World

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang


Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang


Baca juga :

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Bagian Belakang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *